28 Oktober 2011

DONALD ARTHUR NORMAN; PENDEKATAN PEMROSESAN INFORMASI


Teori belajar kognitif berbeda dengan teori belajar behavioristik. Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar. Belajar tidak sekedar melibatkan antara stimulus dan respon, akan tetapi belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang nampak, dan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek- aspek kejiwaan lainnya. Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks. Proses belajar terjadi antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman- pengalaman sebelumnya. Selain itu, teori kognitif mengatakan bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya.[1]  
Berkaitan dengan pengertian belajar yang dirumuskan oleh teori kognitif di atas, maka banyak para ahli teori belajar yang tergolong dalam aliran kongitif ini. Sebagaimana dalam bukunya yang berjudul An Introduction To Theories Of Learning, diantara beberapa tokoh yang termasuk teori belajar kognitif adalah: Kurt Koffka, Max Wertheimer dengan teorinya Gestalt, Jean Piaget dengan teori perkembangan kognitif, Edward Chace Tolman, Albert Bandura dengan teori belajar sosialnya, dan Donald A. Norman dengan teorinya pengolahan informasi
Beberapa tokoh aliran kognitif telah dibahas pada pertemuan yang lalu, dan dalam malakah ini penulis akan menguraikan pemikiran Donald A. Norman tentang teorinya pengolahan informasi. Dalam pembahasan ini, penulis akan menyajikan beberapa pokok bahasan yang meliputi: Biografi Donald A. Norma, Pengertian teori pemrosesan informasi, bagaimana konsep teori pemrosesan informasi Donald A. Norman,  aplikasi teori Donald A. Norman dalam pendidikan, serta kritik dan evaluasi teori Donald A. Norman.

1      Biografi Donald A. Norman
 Donald A. Norman adalah salah satu tokoh representasi dari psikologi pengolahan informasi (Information Processing of Psychology), hal ini dikarenakan ketertarikannya secara khusus pada belajar dan secara konsern serta komprehensif mendalami hal itu dari pada kerja yang lainnya. Donald A. Norman lahir pada tahun 1935, ia adalah profesor psikologi pada University of California, San Diego. Dia juga menjabat sebagai direktur pada Institute for Cognitive Science dan pimpinan disiplin program doctoral di Cognitive Science. Norman menerima gelar kesarjanaannya dari Massachusetts Institute of Technology dalam bidang Electrical Engineering pada tahun 1957, dan Donald A. Norman memperoleh gelar M.A. dari University of Pennsylvania dalam bidang Electrical Engineering pada tahun 1959 serta gelar doktornya (Ph.D.) diperoleh dari institusi yang sama dalam bidang psikologi matematika di tahun 1962. Setelah masa studinya berakhir, Donald A. Norman  menjadi dosen dan peneliti di Harvard University dari tahun 1963 hingga dia bergabung pada sebuah fakultas di University of California, San Diego.
 Berbagai artikel dan buku-buku telah banyak dihasilkannya dan tulisan- tulisannya tersebut memberi sumbangsih pada teori belajarnya, yaitu pendekatan pemrosesan informasi. Adapun diantara tulisannya yaitu: Human Information Processing: An Introduction to Psychology yang ditulisnya pada tahun 1977 bersama temanya Peter H. Lindsay. Norman lebih tertarik pada aplikasi teorinya, ia mengaplikasikan fokus kerja pada apa yang disebut dengan cognitive engineering yang bisa digunakan untuk mengembangkan human machine interactive system yang akan mengurangai kesalahan insiden manusia. Pada tahun 1988 dia juga menulis The Psychology of Everyday Things, menunjukkan bagaimana mendisain peralatan dan mesin yang tepat bisa dengan signifikan mereduksi  kesalahan.[2]
Selain ia menghasilkan banyak karya, Norman telah menerima banyak penghargaan untuk karyanya tersebut. He received an honorary degree from the University of Padua in Padua , Italy . Ia menerima gelar kehormatan dari University of Padua di Padua, Italia. In 2001 he was inducted as a Fellow of the Association for Computing Machinery , and in 2006 received the Benjamin Franklin Medal in Computer and Cognitive Science. [ 4 ] Pada tahun 2001 ia  sebagai Fellow dari Asosiasi untuk Komputasi Mesin , dan pada tahun 2006 menerima Medali Benjamin Franklin dalam Ilmu Komputer dan kognitif.[3]
Berdasarkan biografi singkat Norman di atas, walaupun Norman secara biografis tidak keilmuan tidak fokus mempelajari dalam bidang pendidikan, akan tetapi pada kenyataanya beliau lebih intens untuk melalukan penelitian-penelitian tentang pembelajaran yang lebih menitik tekankan kepada proses kognitif dengan itulah dia sebagai spesialisasi tokoh Information Processing Psychology.
2      Teori Pengolahan Informasi
Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang konsep teori pengolahan informasi Donald A. Norman, terlebih dahulu kita memahami tentang apakah sebenarnya teori pengolahan  informasi itu? Dalam buku yang berjudul Educational Psychology, dijelaskan bahwa pengolahan informasi adalah sebuah pendekatan kognitif bagaimana seseorang mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Inti dari pendekatan pemrosesan informasi adalah proses memori dan proses berpikir. Menurut pendekatan pemrosesan informasi, seseorang secara bertahap mengembangkan kapasitas untuk memproses informasi, dan karenanya secara bertahap pula mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan keahlian yang kompleks.[4] Jadi, pada intinya teori ini menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh sejumlah informasi dan dapat diingat dalam waktu yang cukup lama.
Berkaitan dengan apakah teori pengolahan informasi itu, maka  menurut Robert Sieglar yang dikutip oleh John W. Santrock, bahwa karakteristik pendekatan pegolahan informasi adalah: proses berpikir, mekanisme pengubah, dan modifikasi diri.[5] Selain karakteristik tersebut, menurut Margaret E. Bell Gredler teori ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan teori belajar lainnya, yaitu: Pertama, teori ini tidak bercirikan karya satu orang teoritikus saja atau satu ancangan penelitian tertentu. Teori ini berdasarkan perkembangan seperti perkembangan program konputer yang meniru kecerdasan manusia. Kedua, perpecahan pandangan filosofis dalam bidang kognitif. Ketiga, perbedaan pada derajat penekanan soal belajar. Teori pengolah informasi tidak memperlakukan belajar sebagai pusat penelitian yang utama, belajar hanyalah merupakan salah satu proses yang diselidiki dan antara kaitan belajar dan sub- sub ranah lain dari psikologi kognitif.[6]
Dalam bukunya B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson dijelaskan bahwa latar belakang teori pemrosesan informasi disebabkan adanya beberapa faktor yaitu:
a.     Psikologi S-R yang berpandangan bahwa manusia berinteraksi dengan lingkungan secara otomatis, seperti cara mesin.
b.    Psikologi kognitif yang didoroang oleh Tolman, Bandura dan Piaget yang lebih menekankan pentingnya informasi, harapan, keyakinan dan skemata.
c.    Sibernetik, teori yang berkembang sejalan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan informasi. Teori ini beranggapan bahwa proses belajar adalah penting, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah sistem informasi yang diproses yang akan dipelajarari. Informasi inilah yang akan menentukan proses. Bagaimana proses belajar akan berlangsung sangat ditentukan oleh sistem informasi yang dipelajari. Manusia secara terus- menerus menguji sensory input melawan beberapa standard dan kemudian jika ada ketidak cocokan diantara keduanya, maka yang menarik pada kesesuaian tingkah laku hingga ketidcocokan dihilangkan.  Teori ini beasumsi bahwa tidak ada satu proses belajar apapun yang ideal untuk segala situasi, dan yang cocok untuk semua siswa. Sebab cara belajar sangat ditentukan oleh sistem informasi.
d.   Robotology, adalah rancangan mesin yang mampu melakukan kegiatan seperti manusia. Dari sini maka robot dan organisme dianggap memiliki diantaranya: (1) mekanisme untuk menerima informasi dari lingkungan eksternal mereka; (2) mekanisme untuk menerima informasi dari lingkungan internal mereka; (3) mekanisme untuk belajar, pengolahan. dan menyimpan informasi, (4) mekanisme untuk mengubah informasi diolah menjadi bentuk sonik produksi atau perilaku.
e.    Teori informasi, yang menkonsep tindakan sebagai sesuatu cara yang obyektif pengukuran informasi dan menunjukkan bagaimana infromasi dikodekan dengan sistem komunikasi.
f.     Komputer, komputer yang bertindak sebagai model kekuatan dengan studi proses kognitif manusia. Komputer dan manusia menerima informasi dari lingkungan. Komputer melakukan ini dengan menggunakan pembaca kartu, tape drive, dll, sedangkan manusia melakukannya menggunakan akal mereka.[7]
3      Konsep Teori Pemrosesan Informasi Donald A. Norman
Teori Donald A. Norman tentang belajar diuraikan dalam beberapa pokok bahasan yaitu:
a.    Hukum Belajar, yang meliputi:
1)        Hukum hubungan sebab akibat (The law of causal relationship).
Suatu organisme untuk menghubungkan belajar antara suatu tindakan khusus dan suatu hasil, sesuatu yang harus menjadi suatu hubungan sebab akibat yang jelas diantara keduanya
2)        Hukum belajar sebab akibat (The law of causal learning)
Dalam hukum belajar sebab akibat mempunyai dua bagian: Pertama, untuk hasil yang diinginkan, organisme yang mencoba untuk mengulangi tindakan-tindakan tertentu yang memiliki suatu hubungan sebab akibat yang jelas pada hasil yang diinginkan. Kedua, untuk hasil yang tidak diinginkan, organisme yang mencoba untuk menghindari tindakan-tindakan itu yang mempunyai suatu hubungan sebab akibat yang jelas untuk hasil yang tidak diinginkan.
3)        Hukum umpan balik informasi (The law of information feedback)
Dalam hukum umpan balik informasi ini, hasil dari suatu penyajian peristiwa sebagai informasi tentang peristiwa tersebut.[8]
b.   Model Belajar.
Dalam pembahasan  tentang model- model belajar, Rumelhart and Norman (1981) memperlihatkan kedekatan hubungan antara pendekatan proses informasinya (information processing approach) dan pandangan Piaget tentang pengembangan pengetahuan (developmental knowledge). Adapun model- model belajar yang diuraikan  dalam pemikiran Donald A. Norman sebagai berikut:
1)        Accretion (Pertumbuhan)
Accretion merupakan proses penambahan pengetahuan pada skemata yang ada, tanpa mengubah strukturnya dalam cara-cara yang mendasar. Contoh belajar mengendarai mobil yang sebelumnya tidak bisa mengendarainya. Norman (1982) menulis, agaknya kita telah memiliki kerangka pengetahuan tentang struktur automobil dan mekaniknya. Namun, kita masih harus belajar tentang mobil baru dan bagian-bagiannya yang penting. Sebagaimana mobil kita memasukkan aspek-aspek baru ke dalam memori sesuai dengan bentuk maupun caranya.
2)        Structuring (Penyusunan)
Ketika keberadaan skemata tidak dapat berhubungan dengan lingkungan secara efektif. Maka Norman menunjukkan kepada belajar skemata sebagai struktur.
3)        Tuning (Penyelarasan)
Merupakan penyesuaian suatu skemata pada suatu jenis situasi hubungan yang luas. Tuning mencoba memasukkan hal yang tidak baik pada bentuk yang sempurna dan ini menunjukkan keterlambatan jenis belajar. Dalam proses ini dituntut untuk selalu menyelaraskan dengan yang lebih mampu, yang tidak baik harus selaras dengan yang ahli. Hal ini tidak mudah dan akan membutuhkan waktu yang banyak untuk menyelaraskannya.
4)        Learning by analogy (pembelajaran dengan analogi)
Model ini menurut Norman bahwa belajar skemata baru selalu dihubungkan dengan skemata yang sudah ada. Dalam proses ini beranggapan bahwa skemata yang ada merupakan suatu analogi yang sempurna untuk yang lain.
c.         Memory (Ingatan)
Memori adalah proses mental yang meliputi pengkodean, penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi dan pengetahuan yang semuanya terpusat pada otak.[9] Menuut Ellis dan Hunt, memory atau ingatan menunjuk pada proses penyimpanan atau pemeliharaan informasi sepanjang waktu (maintaining information overtime). Hampir semua aktifitas manusia selalu melibatkan aspek ingatan. Oleh karena itu ingatan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses kognitif manusia.[10]
Memoru yang baik memiliki sifat- sifat diantaranya yaitu: cepat dan mudah mencamkan, setia, teguh dan luas dalam menyimpan, dan siap atau sedia dalam mereproduksi kesan- kesan.[11]
Menurut Norman bahwa terdapat tiga hal yang harus dikelola untuk mengingat dengan sukses, yaitu menerima (acquisition), menyimpan (retention) dan mengingat kembali (retrieval).[12] Istilah lain yang digunakan untuk menamakan ketiga istilah tersebut yaitu: memasukkan (encoding), menyimpan (strorange), menimbulkan kembali (retrieval).[13] Dalam buku An Introduction To Theories Of Learning dijelaskan bahwa ada tiga tipe memori, yaitu: Sensory Memory, Short Term Memory, Long Term Memory.[14]
1)   Sensory Memory
Memori sensoris yaitu memori yang mempertahankan atau menyimpan informasi dari luar dalam bentuk sensori aslinya hanya selama beberapa saat atau sepersekian detik.[15] Sensory Memory ini merupakan sel pertama kali informasi diterima dari luar.[16]
2)   Short Term Memory
Short Term Memory adalah sistem memori berkapasitas terbatas, dimana informasi dipertahankan sekitar 30 detik, kecuali informasi itu diulang atau diproses lebih lanjut, di mana dalam kasus itu daya tahan simpanannya dapat lebih lama.[17] Memori jangka pendek berfungsi sebagai pusat kontrol kognitif untuk perhatian, karena memori jangka pendek menentukan ke mana perhatian diarahkan, bagaimana pengkodean input baru, dan bagaimana terlibat dalam proses pengulangan. Memori jangka pendek dibagi menurut jenis sensori penerima terdiri dari: visual, auditori, tekstual, kinestetik, dan penciuman.[18]
3)   Long Term Memory
Long Term Memory adalah tipe memori yang menyimpan banyak informasi selama periode waktu yang lama secara relatif permanen. Ingatan memori jangka panjang bisa bertahan selama berjam- jam, berhari- hari, berbulan- bulan atau bahkan bertahun- tahun.[19]
Berkaitan dengan ketiga jenis memori di atas, maka peserta didik dalam proses pembelajaran memanfaatkan ketiga memori tersebut. Seperti contoh: Peserta didik menerima pelajaran tentang “Allah”, maka mula- mula informasi dan pengetahuan tentang “Allah” akan masuk ke dalam short term memory melalui indera mata (dengan cara melihat simbol/ tulisan Allah) atau telinga siswa tersebut (dengan cara mendengar sebutan nama Allah). Kemudia, informasi mengenai Allah itu diberi kode misalnya dalam bentuk simbol- simbol A-L-L-A-H. Setelah selesai proses pengkodeaan (encoding), informasi itu masuk dan tersimpan di dalam long term memory.
Suatu kelak, apabila peserta didik memerlukan informasi mengenai ‘Allah”, misalnya untuk menjawab pertanyaan “siapakah pencipta alam semesta?’’, maka memori akan kembali bekerja atau berproses mencari respon dari kumpulan item- item informasi dan pengetahuan yang terdapat dalam salah satu skema  yang relevan.  Proses pencarian respons yang dilakukan siswa untuk memperoleh jawaban mengenai siapa pencipta alam semesta jika sukses, maka ia akan berkata “Allah’. Inilah peristiwa kognitif yang disebut recall atau retrieval, yaitu hal memperoleh kembali informasi yang terstruktur dalam sistem skema- skema yang terdapat dalam ranah cipta siswa.
d.        Ragam Memory Berdasarkan Jenis Informasi Yang Disimpan
Disimpan dari sudut jenis informasi dan pengetahuan yang disimpan, memori manusia terdiri dari dua macam, yaitu:
1) Semantic memory, yaitu memori khusus yang menyimpan arti- arti atau pengertian- pengrtian.
2) Episodic memory, yaitu memori khusus untuk menyimpan informasi tentang peristiwa- peristiwa.[20]
e.         Peristiwa Lupa dalam Belajar
Lupa adalah hilangnya kemampuan untuk menyebut atau memproduksi kembali apa- apa yang sebelumnya telah kita pelajari. Menurut Gulo dan Reber yang dikutip oleh Muhibbin Syah, bahwa lupa sebagai ketidakmampuan mengenal atau mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialami. Dengan demikian, lupa bukanlah peristiwa hilangnya item informasi dan pengetahuan dari akal kita. Adapun faktor- faktor penyebab lupa diantaranya adalah:
1)   Gangguan konflik antara item- item informasi atau materi yang ada dalam sistem memori.
2)   Karena adanya tekanan terhadap item yang telah ada baik sengaja ataupun tidak.
3) Karena perubahan situasi lingkungan antara waktu belajar dengan waktu mengingat kembali.
4)   Perubahan sikap dan minat siswa terhadap proses dan situasi belajar tertentu.
5)   Karena materi pelajaran yang telah dikuasai tidak pernah digunakan atau dingat kembali.
6)   Perubahan urat syaraf otak.[21]
Berkaiatan dengan beberapa faktor penyebab lupa di atas, ada 2 teori yang membahas tentang peristiwa lupa. Yaitu:
1)   Teori atropi, yaitu suatu teori mengenai kelupaan yang menitik beratkan pada lama interval. Menurut teori ini, kelupaan terjadi karena jejak- jejak ingatan  atau memory traces telah lama tidak ditimbulkan kemabali, maka memory traces makin lama mengendap, hingga pada akhirnya orang akan mengalami kelupaan.
2)   Teori interferensi, yaitu teori yang lebih menitikberatkan pada isi interval. Menurut teori ini, kelupaan terjadi karena memory traces saling bercampur satu denagn yang lain dan saling mengganggu, saling berinterferensi sehingga menimbulkan kelupaan.[22]
f.          Dua Belas Pokok Permasalahan iImu kognitif yang diungkapkan oleh Norman:
1)   Sistem Kepercayaan.
Menurut Norman, apa yang kita yakini benar tentang dunia dan diri kita sendiri (apakah keyakinan itu benar atau tidak) dapat mempengaruhi memori, persepsi, pemecahan masalah, dan interpretasi pengalaman pada umumnya. Hal ini penting, oleh karenanya yang kita tahu bagaimana sistem percaya terbentuk, bagaimana mereka beroperasi dan bagaimana mereka berubah. Norman memiliki pribadi mengalami pentingnya sistem keyakinan: "kunjungan singkat saya ke ini telah memberikan kesan dengan berapa banyak struktur kepercayaan saya sendiri yang tersembunyi terkait pengaruh murni inferensi logis saya, proses memori, dan interaksi sosial. Saya menduga bahwa kita akan menemukan bahwa lebih dari perilaku kita dengan ditentukan, tidak kurang. Sejauh keyakinan bisa disamakan dengan harapan, penelitian seperti Bandura telah membuat keuntungan substansial dalam menentukan pentingnya keyakinan dalam hidup seseorang, tetapi kata Norman, masih banyak yang harus dilakukan.
2)   Kesadaran.
3)   Pembangunan
Seperti Piaget, Norman percaya bahwa proses informasi anak-anak dan orang dewasa berbeda karena skema yang berbeda yang tersedia untuk mereka.
4)   Emosi
Banyak yang percaya bahwa emosi manusia merupakan evolusi dari sisa-sisa waktu sebelumnya, ketika perilaku emosional berhubungan dengan kelangsungan hidup, dan bahwa bagi manusia modern, emosi tidak relevan atau bahkan gangguan. Norman, berpendapat bahwa emosi memainkan peranan penting dalam perdagangan kami dengan lingkungan dan dia menempatkan mereka antara sistem peraturan dan sistem kognitif. Model ini akan menjelaskan mengapa, ketika kita memiliki pengalaman atau pikiran yang tidak kondusif untuk kelangsungan hidup, kita mengalami emosi negatif seperti marah, kecemasan, depresi, atau kebencian.
        Bagi Norman, penting untuk mempelajari bagaimana pengalaman kognitif kita dilukis oleh sikap emosi: "Dan apa peran emosi dalam studi kognisiInteraksi
5)        Interaksi
Manusia adalah organisme social. Banyak studi proses kognitif telah mempelajari orang yang terisolasi. Banyak studi kelompok interaktif adalah dinamika situasi, atau aspek perilaku kelompok. Untuk pengetahuan saya, sedikit yang telah dilakukan untuk menggabungkan upaya ini, untuk menguji proses kognitif individu seperti yang biasa digunakan dalam pengaturan interaktif. Namun, karena modus normal untuk manusia adalah untuk berinteraksi, studi tentang memori bahasa dan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam isolasi alamat hanya satu bagian dari mekanisme kognisi manusia.
6)      Bahasa dan persepsi
7)        ------------------------
Menurut Norman adalah bahwa bahasa dan persepsi banyak menerima perhatian. Bahkan ada kecenderungan untuk menyamakan ilmu kognitif dengan kajian dua topik. Norman merasa bahwa ini adalah kesalahan, karena pemahaman lengkap tentang kognisi manusia akan datang hanya ketika sifat dan pengaruh faktor seperti keyakinan, kesadaran, interaksi sosial, budaya, emosi, belajar, dan memori itu dipahami. Ini dan faktor lain, semua berinteraksi sebagai proses informasi manusia, dan jika menekankan pada beberapa saja dan mengabaikan yang lain maka itu adalah sebuah kesalahan
8)        Belajar.
Norman tidak menganggap baik sebagian besar teori-teori belajar dibahas dalam teks ini. "Psikolog mengembangkan teori global perilaku manusia dan hewan, sering dibangun seperti pembelajaran prinsip-prinsip dasar sebagai hukum akibat sifat asosiatif belajar dan memori. Semuanya telah datang untuk berpikir.
Pada awal bab ini kita menerima pandangan Norman, bahwa proses pembelajaran, terutama penekanan tentang pentingnya belajar dengan analogi. Dia yakin, usahanya hanyalah langkah pertama untuk memahami sifat pembelajaran, Namun, sementara itu, sedikit yang telah dilakukan dan sedang dilakukan untuk memahami sifat pembelajaran yang kompleks.
9)        Memori
Norman mengingatkan kita tentang memori, Jangan terkesan oleh semua yang mungkin diketahui tentang psikologi memori. Memory memiliki beberapa teka-teki lainnya. Kami menyadari arti kata-kata dalam persepuluh detik (seperti dalam membaca), kamu dapat mengambil jam atau hari untuk mengambil salah satu dari kata-kata ketika kita mencari itu untuk digunakan dalam kalimat. Dan apa itu yang menjaga memopry mencari hal itu beberapa jam atau hari, sedangkan hasil pikiran sadar ke arah yang lain, ketika kebutuhan untuk kata mungkin telah lama berlalu? Peristiwa terkini mengingatkan pengalaman sebelumnya, tidak selalu dalam model yang jelas. Ini adalah pernyataan yang diterima dengan baik memori asosiatif, bahwa struktur memori tersebut akan disusun dalam beberapa jaringan bentuk, konsep, prototipe, frame, unit, skrip.
10)    Kinerja
Masalah-masalah kinerja yang nyata, mereka membutuhkan pemahaman tentang isu-isu kecanggihan komputasi yang cukup, dan mereka berinteraksi dengan persepsi dan proses berpikir secara mendasar. Mungkin untuk mengatakan bahwa banyak pengetahuan kita tentang dunia berada dalam pengetahuan kita tentang prosedur yang berinteraksi dengan dunia, bahwa skema motor persepsi-kognitif adalah memori kesatuan konstruksi, dan pemisahan satu dari yang lain menghancurkan keseluruhan.
11)    Skill
Norman percaya bahwa ada perbedaan baik kuantitatif dan kualitatif, antara seseorang yang hanya kompeten dalam tugas dan seseorang yang ahli. Ahli melakukan dengan kasus, secara otomatis dan tanpa kesadaran akan kegiatan yang terlibat dalam kinerja tugas. Perbedaan utama antara individu-individu yang terampil dan tidak terampil tidak hanya dicatat dan dipelajari.
12)    Pemikiran
Norman berpendapat bahwa terlalu banyak waktu dan energi yang telah dihabiskan belajar murni, proses berpikir abstrak. Sebagai contoh, beberapa psikolog, bahwa proses informasi manusia sebagai perangkat komputasi untuk tujuan umum. Pandangan ini menekankan kemampuan memecahkan masalah umum dan meminimalkan strategi pemecahan masalah yang berasal dari pengalaman lingkungan tertentu. Norman mengatakan, "Saya percaya bahwa penekanan terlalu banyak telah diberikan kepada sifat formal kemungkinan penalaran manusia, tidak cukup untuk informal, pengalaman berdasarkan model penalaran.[23]
4      Rekayasa Kognitif (Cognitive Engineering)
Merupakan suatu bidang yang mengambil kenyataan dari ilmu pengetahuan kognitif dan diaplikasikan pada teknologi modern. Dari sini menurut Norman setelah melakukan berbagai studi kasus bahwa kesalahan tidak pada kesalahan manusia, akan tetapi pada disain peralatan yang diopeasikan. Sehingga dia mengklaim bahwa kesalahan tidak pada kesalahan operator, tetapi pada sistemnya. Ketertarikan Norman pada Conitive engeenering ini menelorkan bukunya yang berjudul The Psychology of Everyday Things (1988).[24]
5      Aplikasi Teori Pemrosesan Informasi dalam Pendidikan
Aplikasi pendekatan pemrosesan informasi dalam pendidikan memandang guru sebagai pembimbing kognitif untuk tugas akademik dan murid sebagai pelajar yang berusaha memahami tugas- tugasnya.[25] Murid merupakan seseorang yang memainkan peran aktif dalam perkembangan mereka. Webteaching merupakan salah satu aplikasi teori Norman dalam pengorganisasian isi pembelajaran yang berpijak pada teori kognitif. Webteaching merupakan suatu prosedur menata urutan isi bidang studi yang dikembangkan dengan menampilkan pentingnya peranan struktur isi bidang studi yang akan dipelajarai. Pengetahuan baru yang akan dipelajari secara bertahap harus diintegrasikan dengan struktur pengetahuan yang telah dimiliki.[26]
6       Evaluasi  Teori Pemrosesan Informasi Donald A. Norman.
a.    Kontribusi
Selama bertahun-tahun diyakini bahwa proses kognitif terlalu misterius atau tidak dapat diakses untuk dipelajari secara ilmiah. Akan tetapi, dengan  teori pengolahan informasi ini, maka menunjukkan bahwa keyakinan ini adalah tidak benar. Pendekatan proses informasi menyediakan kerangka kerja di mana proses kognitif yang kompleks dapat dipelajari secara sistematis dan objektif.
Pendekatan proses informasi, khususnya yang disajikan oleh Norman, mendorong sintesis dari banyak atrmibut (sifat) manusia. Sebagai contoh, Norman menekankan fakta bahwa perilaku manusia adalah hasil dari interaksi merangsang kondisi saat ini, kenangan pengalaman masa lalu, emosi, kepercayaan, sikap, pengaruh budaya dan sosial, dan interaksi sesama manusia. Menurut Norman, untuk benar-benar mengerti mengapa manusia bertindak seperti yang mereka lakukan, kita harus memahami bagaimana variabel ini dan lainnya berinteraksi satu sama lain.
Pendekatan proses informasi yang cocok dengan teknologi komputer, setidaknya dalam aplikasi sekuensial lebih sederhana. Sebagaimana telah kita lihat, proses informasi psikolog banyak melihat manusia dan komputer sebagai fungsional yang sangat mirip. Bahkan jika analogi antara komputer dan manusia tidak diterima sepenuhnya, memanfaatkan komputer untuk menguji asumsi-nya tentang informasi manusia bagaimana prosesnya. Komputer merupakan sebuah alat penelitian yang kuat dan model yang menarik dari fungsi kognitif manusia, dan proses informasi psikolog banyak menggunakan komputer. Karena proses informasi psikolog sering menggunakan komputer untuk mensimulasikan proses yang mereka pelajari, pendekatan ini telah menyebabkan psikolog lebih tepat dengan konsep dan teori. Seperti yang kita ketahui, sebelum suatu teori dapat dikonversi ke dalam program komputer, itu harus dinyatakan dengan jelas dan tepat, dan harus konsisten secara logis. Jika program tidak jelas masuk ke dalam komputer, komputer baik akan tidak bekerja atau menghasilkan hasil yang berarti. Dengan demikian pendekatan proses informasi untuk psikologi menyediakan layanan yang sama seperti model pembelajaran matematika. Artinya, mereka berdua menyebabkan peneliti untuk memperjelas definisi istilah mereka dan tepatnya dalam perumusan teori-teori mereka.[27]
b.   Kritik
Konsep teori informasi pemrosesan informasi bukanlah sesuantu pemikiran yang baru. Kita telah melihat dalam bahsan ini, misalnya, bahwa pandangan norman tentang pembelajaran, untuk sebagian besar merupakan penyempitan pandangan Piaget. Tidak jelas, dalam kenyataannya, bahwa pandangan Norman's menguatkan pendangan dari Thorndike, respon dengan analogi (Thorndike) dan belajar dengan analogi (Norman). Selain itu, menurut Leahey (1980) mengatakan, bahwa, “Psikologi yang paling modern, pengolahan informasi psucology kognitif sangat mirip dengan pemikiran Aristoteles.
Pendekatan proses informasi, khususnya yang didukung oleh norman mengabaikan psikologi eksperimental karena berkaitan dengan belajar dan mengabaikan atau memperkecil daerah penting dari psikologi, yaitu perilaku abnormal dan psikoterapi. Meskipun dalam buku Lindsay dan Norman's yang berjudul Information Processing an Introduction to Psycology (1977) tidak termasuk bagian pada perilaku abnormal dan psikoterapi. Upaya untuk menjelaskan perbedaan-perbedaan individual, yang biasanya termasuk dalam bagian tentang teori kepribadian, juga tidak dibahas. Norman penekanan pada pentingnya emosi dalam perilaku manusia.
Walaupun komputer berguna untuk manusia, akan tetapi manusia bukan komputer. Meskipun kedua manusia dan computers dapat melakukan operasi rumit dan menyimpan informasi, manusia hanya berjuang untuk bertahan hidup, berinteraksi dengan manusia lain, dan memiliki perasaan. Komputer diprogram untuk mensimulasikan rangkaian proses kognitif yang didefinisikan dalam informasi psikologi. Komputer hanya memiliki nilai yang terbatas sebagai model untuk belajar.[28]

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian makalah ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yang meliputi:
1.    Donald A. Norman adalah salah satu tokoh representasi dari psikologi pengolahan informasi (Information Processing of Psychology) karena ketertarikan secara khusus pada belajar dan secara konsern serta komprehensif mendalami hal itu.
2.    Pengolahan informasi adalah sebuah pendekatan kognitif bagaimana seseorang mengolah informasi, memonitornya, dan menyusun strategi berkenaan dengan informasi tersebut. Inti dari pendekatan pemrosesan informasi adalah proses memori dan proses berpikir.
3.    Latar belakang teori pemrosesan informasi disebabkan adanya beberapa faktor yaitu: Psikologi S-R, Psikologi kognitif, sibernetik, robotology, teori informasi, dan komputer.
4.    Konsep teori pemrosesan informasi Donald A. Norman tentang; hukum belajar, model belajar, memori.
5.    Aplikasi teori pemrosesan informasi dalam pendidikan yaitu memandang guru sebagai pembimbing kognitif untuk tugas akademik dan murid sebagai pelajar yang berusaha memahami tugas- tugasnya dan adanya aplikasi Webteaching.
Kontribusi teori pemrosesan informasi Donald A. Norman bahwa pendekatan pemrosesan informasi berhasil mengubah paradigma bahwa selama ini proses kognitif bukanlah hal yang sulit dipelajari, akan tetapi teori pemrosesan informasi menyediakan kerangka kerja di mana proses kognitif yang kompleks dapat dipelajari secara sistematis dan objektif.


[1] Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta,  2005),  34; Evi Fatimatur Rusdiyah,  Media dan Teknologi Pembelajaran (Surabaya: Dakwah Digital Press, 2008), 71.
[2] B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction To Theories Of Learning (United State of America: Prentice-Hall International, 1997). 366.
[4] John W. Santrock,  Educational Psychology (McGraw-Hill Campany, 2004), 310. Terjmh. Tri Wibowo.
[5] Proses berpikir adalah pemrosesan informasi ketika seseorang  merasakan, melakukan penyandian (encoding), merepresentasikan, dan menyimpan informasi dari dunia sekelilingnya. Mekanisme pengubah, dalam pemrosesan informasi fokus utamanya adalah peran mekanisme pengubah dalam perkembangan. Ada 4 mekanisme yang berkerja sama menciptakan perubahan dalam keterampilan kognitif anak, yaitu: encoding, otomatisitas, konstruksi strategi dan generalisasi. Encoding adalah proses memesukkan informasi ke dalam memori. Otomatisasi adalah kemampuan untuk memproses informasi. Kontruksi strategi adalah penemuan prosedur baru untuk memproses informasi. Generalisasi, yaitu mengaplikasikan strategi baru pada masalah lain. Modifikasi diri, seperti halnya dalam teori perkrembangannya Piaget, anak memainkan peran  aktif dalam perkembangan mereka. Mereka menggunakan pengetahuan dan strategi yang telah mereka pelajari untuk menyesuaika respon baru dan lebih canggih berdasarkan pengetahuan dan strategi sebelumnya. Lihat: Ibid., 311.
[6] Margaret E. Bell Gredler, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 1991), 238- 239.
[7] B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction, 359- 366; [7] Asri Budiningsih, Belajar, 81.
[8] B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction, 368.
[9] Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005), 72.
[10] Suharnan, Psikologi Kognitif (Surabaya: Srikandi, 2005), 67.
[11] Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan ( Jakarta; Remaja Rosdakarya, 1998), 44.
[12] B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction, 377.
[13] Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umun (Yogyakarta: Andi Offset, 2002), 117; Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan ( Jakarta: Rineka Cipta, 1990), 26.
[14] B. R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction, 377.
[15] Ibid., 377; John W. Santrock,  Educational Psychology, 320; Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, 73.
[16] Asri Budiningsih, Belajar dan, 83.
[17]John W. Santrock,  Educational Psychology, 320.
[18] Barbarak K. Given, Brain-Based Teaching (Alexandria: Assiciation for supervision and Curiculum development, 2002), 224. Terjmh; Lala herawati Dharma.
[19] . R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction , 379; John W. Santrock,  Educational Psychology, 322- 323.
[20] Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, 77.
[21] Ibid., 169- 172.
[22]  Bimo Walgito. Pengantar Psikologi Umun, (Yogyakarta: Andi Offset, 2002), 126.

[23] R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction,
[24] R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction,
[25] Ibid., 310.
[26] Asri Budiningsih, Belajar dan, 83.

[27] R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson, An Introduction, 387.
[28] Ibid., 388.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar